Facebook Bantu Penonton Olimpiade
Situs jejaring sosial Facebook, Senin (18/6) waktu setempat, meluncurkan laman resmi London 2012, yang oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) diharapkan dapat mempermudah penonton untuk menikmati ajang itu.
Explore London 2012, nama resmi laman web itu, dirancang dan dibuat dalam 18 bulan, bekerja sama secara khusus dengan IOC dan Panitia Pelaksana Olimpiade London (LOCOG). Disebutkan, laman ini akan secara leluasa memberikan para penggunanya akses kepada negara, olahraga, hingga atlet pilihannya.
"Saya kira apapun yang membuat sederhana, atau sekadar mempermudah bagaimana memahami atau mengikuti orang yang Anda suka, tentunya merupakan sesuatu yang baik," ungkap Direktur Komunikasi IOC, Mark Adams, terkait peluncuran itu.
IOC sendiri menyebut bahwa laman itu adalah bagian dari proyek non-komersial yang mereka kerjakan bersama Facebook. Dalam hal ini, Facebook harus mengikuti aturan terkait sponsorship, pemasaran dan (penayangan) video di Olimpiade, yaitu bahwa mereka (Facebook) tak boleh memasang iklan di sekitar laman Explore London 2012. Hal lain adalah bahwa para atlet juga tak boleh memasang video mereka sendiri di venue pertandingan (Olimpiade) di laman itu.
Direktur Kerja Sama Platform EMEA-nya Facebook, Christian Hernandez, menyatakan bahwa Olimpiade-olimpiade sebelumnya dikenal sebagai ajang yang (tayangannya) sudah diedit lebih dulu. Artinya, pihak lembaga siar atau broadcaster-lah yang mengatur apa yang bisa dilihat oleh penonton di luar stadion.
Namun menurut Hernandez, itu akan berubah, karena Facebook akan memberikan penonton kekuasaan menentukan apa yang ingin disaksikan. Laman Facebook ini, disebut akan menampilkan deretan lengkap kompetisi yang sedang berlangsung di saat manapun, dan memberikan daftar broadcaster mana yang menayangkan apa. Dari situ, tergantung situasinya, penonton akan bisa meng-klik dan menontonnya secara langsung.
"Anda akan bisa menikmati Olimpiade dengan cara yang Anda suka," ungkap Hernandez di sela-sela peluncuran laman tersebut, yang digelar di kantor cabang Facebook di London.
Disebutkan pula, akan tersedia juga di laman tersebut sajian lebih mendalam tentang suasana di wisma atlet, karena para atlet dan kontingen bisa mem-posting foto dan video serta saling mengomentarinya di laman itu. Ini diyakini akan sangat menarik bagi pengguna, dan memberikan sentuhan akrab terhadap gelaran Olimpiade.
Hanya saja, sejauh ini, Facebook menyebut baru ada sekitar 200 atlet yang telah mendaftar di laman itu, dari sekitar 10.500 yang bakal datang ke London 2012.