Rakuten Targetkan Kenaikan Penjualan Online 9 Kali Lipat
Rakuten, operator peritel online terbesar di Jepang dan peritel online ketiga terbesar di dunia berdasarkan penjualan, berharap meluasnya pemakaian smart phone dan tablet mendorong peningkatan besar dalam trafik penjualan onlinenya, paling tidak 9 kali lipat pada tahun-tahun mendatang.
Saat perangkat bergerak seperti smart phone menjadi pendorong penting dalam pertumbuhan penjualan onlinenya, meningkatnya penggunaan tabletlah yang dipercayai Rakuten memberikan kesempatan yang signifikan bagi peritel online.
Rakuten grup yang baru saja mengakuisisi Kobo yang berbasis di Kanada melihat semakin banyaknya konsumen yang lebih cenderung membeli perangkat bergerak dibandingkan PC.
“Angka yang kami miliki menunjukkan bahwa ketika pengguna PC mulai menggunakan ponsel biasa (feature phone) untuk berbelanja online, transaksi mereka biasanya meningkat 1,5 kali lipat dan meningkat lagi sebesar 1,5 kali lipat saat mereka pindah ke smart phone. Angka ini akan meningkat lagi sebesar 1,5 kali lipat jika mereka menggunakan aplikasi kami yang telah terinstal sebelumnya,” kata Kenichiro Nakajima, Chief Mobile Officer at Rakuten, seperti dikutip dalam keterangan tertulis, hari ini.
“Dengan kenyamanan dan pengalaman browsing yang berkualitas dari tablet, kami berharap bisa melihat tingkat pertumbuhan yang serupa yang didorong oleh perangkat tablet,” lanjutnya
Menurut ABI Research, hingga 2015 belanja melalui perangkat mobile akan mencapai lebih dari US$ 163 miliar di seluruh dunia, atau 12 persen dari omset e-commerce global.
Dengan angka sebesar ini, prediksi Forrester bahwa m-commerce akan mencapai US$ 31 milyar pada tahun 2016 sepertinya sangat mungkin untuk dicapai. Penjualan perangkat tablet meningkat pesat dan 70 juta unit diramalkan akan dikirim pada tahun 2014 (sumber: IMS Screen Digest).
“Penjualan online bisa jadi pelengkap yang penting bagi penjualan ritel tradisional, sehingga membuat pendekatan multi-saluran menjadi sangat penting,” ungkap Nakajima.