14 Tips Jitu Meningkatkan Sales di Media Sosial

Senin, November 28, 2011 0 Comments




Social media merupakan wahana yang sangat luar biasa untuk berkomunikasi dengan teman-teman, saudara, tanpa melihat ruang dan waktu. Dengan social media kita dapat berkenalan dan memperbanyak teman. Banyak sekali warga Indonesia yang mempunyai account di social media, terutama facebook dan twitter. Tampilannya yang user friendly atau gampang digunakan oleh orang awam sekalipun membuat pengguna membludak di Indonesia.

Tercatat pengguna Facebook asal Indonesia rupanya terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Dalam catatan firma strategi marketing Candytech baru-baru ini, pengguna Facebook asal Indonesia hampir mencapai 34 juta, tepatnya 33.920.020 anggota. Melalui statistik portal Socialbakers (sebelumnya Facebakers), Candytech mencatat pengguna aktif bulanan Facebook telah mencapai 596 juta anggota. (sumber : VivaNews)

Tidak hanya remaja atau dewasa, bocah SD dan orang tua pun bermain facebook. Saat ini, tidak punya facebook atau twitter dianggap kuno atau ketinggalan zaman oleh beberapa orang. Oleh karenanya banyak sekali orang yang membuat account di social media karena tidak menginginkan dikira kuno atau nggak gaul.

Pengguna facebook memanfaatkan GPS yang ada di dalamnya untuk mendeteksi atau check in lokasi keberadaannya sekarang. Misalnya pada saat di mall, luar negeri, atau di rumah sekalipun.

Fasilitas upload gambar yang sangat berguna bagi pengguna facebook, terutama bagi pengguna facebook yang narsis ingin meng-upload gambar dirinya, orang terkasih, atau pada event tertentu. Fasilitas tag yang ada pada image facebook membuat gambar dapat disebarkan pada teman lain. Semakin menyebar dan tidak menutup kemungkinan seluruh pengguna facebook pun akan tahu.

Inbox merupakan suatu fasilitas yang sangat menjaga privasi dari empunya account facebook atau twitter. Fasilitas yang biasanya direct message ini dapat digunakan untuk berkomunikasi secara pribadi.

Berbagai fasilitas yang ditawarkan pada social media dapat digunakan untuk menghasilkan uang dengan berbisnis. Misalnya dengan berbisnis online di social media dengan menjual pakaian, tas, sepatu, aksesoris wanita dan pria, handphone, dan produk lainnya. Fasilitas yang luar biasa ini dapat menjadikan bisnis kita semakin maju. Tampilan gambar yang menarik dengan harga yang relatif murah dapat menarik hati pembeli. Tanpa berfikir panjang lagi, pembeli langsung memesan produk yang menarik hatinya tersebut dan men-transfer uangnya. Sangat mudah bukan?

Dengan adanya fasilitas dan kemudahan tersebut maka berikut terdapat cara jitu meningkatkan sales di dunia social media agar bisnis kita menjadi meluas, produk banyak yang dibeli, dan menjadikan penjualan meningkat :
1. Tampilkan gambar produk semenarik mungkin.
2. Jika pada facebook, Tag gambar pada teman yang mempunyai teman banyak.
3. Jika memungkinkan, lakukan promosi untuk teman yang tag ke account teman lain misalnya 10 tag akan mendapatkan discount, tidak berlaku jika tag diremove.
4. Pisahkan atau beri informasi jika produk sudah di-booking, dijual dan masih available agar tidak menimbulkan kesalahan informasi.
5. Tampilkan informasi singkat, padat dan jelas. Tulis informasi yang eye catching, misalnya kode produk, nama, warna, harga, fitur jika ada, nama contact person nomor HP, pin BB, alamat email, atau alamat web jika ada.
6. Share produk tidak hanya sekali pada social media. Hal ini karena tidak semua orang membuka account social media mereka dalam waktu yang bersamaan.
7. Hal yang bersifat pribadi dan rahasia kirim via direct message atau private message.
8. Tampilkan lokasi keberadaan toko jika ada dengan check in lokasi dimana toko berada dan share ke semua friend agar jika pembeli ingin datang langsung ke toko dapat melihat dari lokasi check in berada.
9. Rajin-rajinlah menambah teman atau follow teman di social media.
10. Kirimlah ucapan terima kasih setelah approve friend atau follow dengan mengirim wall, mentions, atau direct message.
11. Tanggapi pertanyaan teman yang comment, likes, mentions atau mengirim pesan dengan cepat dan beri penjelasan yang mudah dimengerti. Karena pembeli pastinya sangat menghargai jika pertanyaannya dijawab cepat oleh penjualnya.
12. Pastikan barang yang sudah dikirim ke customer sudah sampai pada customer dengan mengirim mentions, wall, atau direct message.
13. Berikan discount untuk yang berulang tahun. Hal ini agar customer merasa diperhatikan oleh penjual.
14. Update product penjualan dengan barang baru yang fresh dan hapus album yang sudah lama. Hal ini agar tidak membuat pelanggan bingung.

Demikian tips untuk lebih mengembangkan pemasaran produk yang kita jual. Semoga bermanfaat.

DAVINA NEWS

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatutan Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: news.davina@gmail.com.