Pencarian Nama Mobil Habiskan Jutaan Dolar
Semangat Saat Ini
Industri otomotif menghabiskan jutaan dolar untuk mencari nama model kendaraan terbaru.
Berbicara pada ajang pameran mobil Amerika Utara, seorang pakar menyebutkan bahwa nama tidak hanya harus sesuai dengan jenis kendaraan namun juga mencerminkan pola pikir masyarakat saat ini.
"Secara umum produk itu harus mencerminkan semangat saat ini, apakah itu perasaan atau semangat yang menjadi target pasar. Desain penampilan dan nama harus sesuai dengan aspirasi," kata Aaron Ahuvia, profesor pemasaran dari University of Michigan-Dearborn.
Petinggi di perusahaan otomotif mengatakan mereka membelanjakan jutaan dolar untuk menemukan nama yang cocok dan menggunakannya dalam iklan.
"Anda ingin nama yang dipilih netral dan terasosiasi positif. Jika negatif, anda akan bertanya, bisakah saya ganti," kata Mark perry, direktur produk dan perencanaan untuk Nissan Amerika.
"Pinto adalah nama yang baik, namun terasosiasi negatif," katanya merujuk produk Ford, yang diasosiasikan dengan ledakan tabung bensin, dihentikan pada tahun 1980 setelah 11 tahun diproduksi.