AJI: Alex Noerdin Paling Positif di Mata Media
Pasangan Calon Gubernur yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar), Alex Noerdin-Nono Sampono unggul dalam hal porsi pemberitaan positif dari media massa selama masa tahapan Pemilukada berlangsung.
Dalam riset Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta bersama Yayasan Tifa pada 1 Juni hingga 15 Juni 2012, menunjukkan ada sebanyak 44 pemberitaan positif (atau sekitar 12,5 persen) mengenai pasangan Alex-Nono pada 15 sampel media yang telah diseleksi.
Di posisi kedua, Hidayat Nur Wahid memiliki sebanyak 37 berita atau sekitar 10,5 persen. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Fauzi Bowo dengan 29 berita atau sebanyak 8,2 persen.
Ignatius Haryanto, konsultan riset, mengatakan munculnya pemberitaan positif Alex Noerdin lebih banyak terdapat pada koran lokal Jakarta. "Entah mungkin ada deal-deal tertentu. Sehingga, pada koran lokal yang terbit khusus di Jakarta banyak terdapat pemberitaan mengenai kesuksesan Alex soal Sumatra Selatan," paparnya.
Dalam riset yang dilakukan selama dua pekan tersebut, ditemukan laporan media massa mengenai Pemilukada DKI didominasi oleh tema pemberitaan seputar kampanye yakni 285 berita, proses pendaftaran sebanyak 175 berita dan regulasi sebanyak 108 berita.
Adapun 15 sampel media yang dilakukan adalah empat media online yaitu Detik.com, Kompas.com, Vivanews.com, Okezone.com. Empat media cetak nasional yaitu Kompas, Republika, Koran Tempo, Suara Pembaruan. Empat media cetak lokal yaitu Warta Kota, Poskota, Koran Jakarta, Indo Pos. Dan tiga televisi yaitu TV One, Metro TV, dan RCTI.
Adapun alasan pemilihan media tersebut berdasarkan dari keberagaman dari sisi kepemilikan media yang mewakili ideologi yang berbeda.
"Mewakili media yang populer dan paling banyak diakses oleh masyarakat, di mana untuk media online dengan dasar pada perhitungan popularitas dalam Alexa yang diakses pada tanggal 22 Mei 2012 pada saat rapat penentuan tim terhadap media online yang diteliti," tandas Hari.