5 Pemenang Berbeda, Gara-Gara Ban Pirelli?
Sudah lima seri balapan Formula -1 digelar musim ini dan memunculkan lima juara berbeda, termasuk Nico Rosberg dan Pastor Maldonado yang untuk pertama kalinya meneguk segarnya sampanye juara.
Hal yang jarang terjadi di balapan jet darat ini menimbulkan spekulasi bahwa banyak tim tidak bisa beradaptasi dengan ban yang disuplai oleh pemasok tunggal Pirelli sehingga keunggulan mesin menjadi tidak terlalu dominan dalam menentukan hasil balapan.
Pemilik tim juara bertahan Red Bull, Dietrich Mateschitz, terang-terangan mengatakan bahwa faktor ban ini menjadi terlalu berperan dalam menentukan hasil balapan dan menjadikan ajang F1 seperti judi lotere.
Namun hal tersebut dibantah oleh direktur Pirelli Motorsport, Paul Hembery, yang sekaligus mengatakan bahwa hasil yang terjadi di lima seri ini justru membuat balapan lebih menarik dan menegangkan.
Menurut Hembery, faktor ban tidak terlalu dominan dan bahwa tim dengan insinyur dan pembalap terbaiklah yang akan menang.
"Sebagian besar pendapat yang kami terima menyebutkan bahwa orang-orang sekarang menikmati balapan," kata Hembery seperti dilansir Autosport. "Di awal tahun ini, kalau kami mengatakan akan ada lima pembalap dan lima tim berbeda (yang menang) anda pasti menuduh kami mabuk -- tapi itulah yang terjadi sekarang.”
Mereka yang tak senang dengan kemenangan pembalap tim Williams, Maldonado, harus lebih banyak bergaul lagi, kata Hembery.
Menurutnya, kalau F1 memberi peluang ke tim seperti Williams untuk memenangi balapan, hal itu justru bagus buat ajang balapan paling prestisius ini karena akan berdampak positif di sisi komersil.
"Ada banyak tim di sini yang harus mendapat anggaran, sponsor dan memamerkan kebolehan mereka di F1. Di satu musim, pembalap terbaik dengan mobil dan designer terbaik akan menang. Ada 20 balapan dan itulah yang akan terjadi,” tegasnya.
Soal ban, Hembery mengatakan kalau beberapa tim sudah paham sepenuhnya bagaimana memilih ban yang terbaik untuk musim 2012 ini dan dia menduga jalannya balapan akan lebih pasti mulai sekarang.
"Kami tak mau menjadi elemen utama di balapan F1. Balapan ini seharusnya ditentukan oleh insinyur dan pembalap dan mobil. Pada waktunya nanti para insinyur akan menguasai tugas mereka, beri beberapa balapan lagi dan semuanya akan lebih pasti,” katanya.
Sebelum ini tim McLaren Mercedes juga mengatakan bahwa memilih ban yang tepat menjadi tantangan tersulit. Pembalap mereka, Lewis Hamilton, belum sekalipun menjuarai seri musim ini meskipun beberapa kali merebut pole position, namun rekan setim, Jenson Button sekali naik ke podium juara.
Musim ini adalah tahun kedua Pirelli menjadi pemasok tunggal ban F1, dari jenis super lunak, lunak, medium, keras, dan dua tipe ban basah.
Sumber:Autosport